Sunday, July 23, 2017

Ayam Lodho Khas Trenggalek


Lodho merupakan olahan dari ayam kampung yang dimasak dengan bumbu rempah dan santan, mirip dengan opor dan kare, dengan campuran rempah-rempah, sehingga aromanya sangat khas. 

Ayam yang digunakan dalam masakan ayam lodho khas Trenggalek juga harus ayam kampung, yang dimasak dalam keadaan utuh hanya dibelah tapi tidak terputus. Biasanya dimasak dalam wajan atau kendil (wadah besar terbuat dari gerabah) dan dimasak dengan tungku tanah liat dan kayu bakar. 

Proses memasak membutuhkan waktu cukup lama, baru kemudian ayam utuh tersebut diangkat dari kuahnya dan dipanggang dengan bara kayu atau arang hingga agak coklat kekuningan atau kadang lebih lezat kalau agak gosong sedikit, baru kemudian dimasak dengan santan. 

Lodho adalah menu wajib bagi masyarakat Trenggalek untuk hidangan pesta perkawinan, perjamuan, upacara adat, dan syukuran. Bahkan lodho juga disajikan sebagai kelengkapan untuk upacara slametan, bentuknya seperti nasi tumpeng tapi tidak berbentuk kerucut, namun berbentuk setengah lingkaran tumpul, yang dikenal dengan nama ambengan atau nasi ambeng.

Penyajian lodho atau yang juga populer dengan nama nasi ayam lodho ini sangat khas, nasi yang digunakan adalah nasi gurih atau biasa disebut sego gurih, seperti nasi uduk yang populer di tanah Betawi. Dihidangkan dengan urap, sayuran yang dikukus atau direbus terlebih dahulu dan dicampur dengan urap yang terbuat dari kelapa muda parut yang dibumbui cabai merah pedas dan dimasak dengan cara dikukus terlebih dahulu. Sementara kuah santan sisa rebusan ayam lodho menjadi kuah terpisah yang disajikan melengkapi hidangan nasi gurih serta ayam dan urap.



(text by kratonpedia.com | edit by iwan_bhs)

0 comments:

Post a Comment